Selamat Datang di Blog Evi Rikha Istihana : Ragam Kesehatan
PERLU ANDA TAHU, BERAPA BIAYA JIKA JANTUNG BERMASALAH

PERLU ANDA TAHU, BERAPA BIAYA JIKA JANTUNG BERMASALAH

Biaya pengobatan penyakit jantung memang tidak lah kecil, saat ini saja biaya perawatan jantung sudah meningkat 13% dari 5 tahun lalu. Penyakit seperti jantung ini bila dialami oleh masyarakat yang kurang mampu pasti akan sangat memberatkan ekonomi keluarga mereka. Maka dari itu, tidak heran bila sampai dengan sekarang penyakit jantung masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai ilustrasi, seorang yang terdiagnosa menderita penyakit jantung di Indonesia pada saat ini, umumnya akan diberikan 2 (dua) alternatif pengobatan: 


1) Katerisasi  tindakan invasive (semi bedah) yang mencakup pemasangan balon dengan biaya sekitar Rp.30 – 50 juta, dan pemasangan ring / stent dengan biaya sekitar Rp 60 – 90 juta 

2) Operasi Bypass  di Indonesia dapat menghabiskan biaya hingga Rp 150 juta,sementara di negara tetangga dapat mencapai lebih dari Rp 200 juta. Jumlah di atas belum termasuk dengan biaya laboratorium, perawatan setelah pembedahan, konsultasi pra – / post – pengobatan dan obat – obatan lanjutan yang juga akan sangat memakan biaya.

Bisa dibayangkan, bagimana jadinya kalau penyakit ini diderita oleh kebanyakan masyarakat kurang mampu di Indonesia? Angka kematian (mortalistas) negara kita pasti akan meningkat.

Saya akan menjabarkan sedikit diagnosa dan tindakan yang dilakukan rumah sakit dan biaya apa saja yang akan dikeluarkan bagi si pasien/keluarganya.

Persentase penyumbatan > 50% di lebih dari 2 atau 3 pembuluh darah maka dilakukan Operasi Bypass

Keberhasilan operasi tergantung apabila fungsi jantung masih normal atau sedikit di bawah normal melalui pemeriksaan kateterisasi atau echokardiography sekitar lebih dari 55 %
Apabila pemeriksaan kateterisasi di bawah 35 % maka resiko kegagalan operasi sangat besar

Operasi bypass dengan mengambil pembuluh darah pengganti dari pembuluh darah arteri yang ada di tangan dan di bawah dada. Biasanya bertahan hingga 20-25 tahun bebas serangan jantung. Apa bila pembuluh darah diambil dari kaki maka bisa bertahan hingga 10-15 tahun pasca operasi.

Penyumbatan terjadi biasanya karena faktor diabetes, kolesterol dan pengentalan darah. Pasien yang memiliki darah kental harus melakukan terapi obat pengencer darah sebelum operasi.

Penggunaan Stent, Ring (dibalon dulu baru diring) hanya membebaskan penyumbatan selama 5-7 tahun pasca operasi dan secara alami penyumbatan akan terbentuk lagi.
Penggunaan balon (hanya dibalon tanpa ring) juga membebaskan penyumbatan selama 2-3 tahun dan akan kembali tersumbat secara alami.

Biaya Balon adalah yang paling murah sedangkan biaya Stent tergantung dari jenis Stent yang dipakai, Stent yang bagus bisa bertahan sampai 7 tahun dengan harga 1 buah Stent sekirtar 45-75 juta rupiah belum termasuk biaya kateternya, jasa dokter dan biaya rawat inap.

Jika jumlah penyumbatan lebih dari 2 atau 3 penyumbatan maka sudah bisa di hitung biayanya yaitu sekitar 150-250 juta.

Tindakan operasi bypass  biasanya bisa dilakukan 2-5 bypass dalam waktu 3-4 jam dengan biaya kurang lebih 150-200 juta (paket operasi dan rawat inap selama 7-10 hari)
Tindakan operasi tersebut di atas juga memiliki resiko yaitu:
Jika pada proses pelebaran pembuluh darah untuk memasang ring atau stent pembuluh darahnya pecah maka harus segera dilakukan operasi bypass. (uang dan nyawa adalah taruhannya)

Segala bentuk penyakit lainnya yang diidap si pasien seperti usia, tekanan darah tinggi, Diabetes militus, kolesterol tidak menjadi faktor yang membahayakan operasi jantung selama fungsi jantung masih normal.

Tetapi usia di atas 70 tahun apabila organ-organ lain ( ginjal, hati, pencernaan dll) masih baik maka tidak ada resiko untuk dilakukan operasi jantung.

Jadi…. peliharalah kesehatan jantung Anda mulai dari sekarang dan jangan di tunda-tunda

Ada kata bijak Lebih baik mencegah daripada mengobati, kalau sudah sakit bisa saja sembuh, tapi untuk pulih 100% perlu waktu lama atau bahkan tidak bisa.










Selamat Datang di Blog Evi Rikha Istihana : Ragam Kesehatan Lainnya
6 Tanda Gangguan Jantung yang Sering Disepelekan
6 Tanda Gangguan Jantung yang Sering Disepelekan
Senin, 14 Maret 2016 16:35 WIB
Agar jantung berfungsi dengan baik dan terhindar dari serangan jantung, anda bisa mengonsumsi ProArgi-9+ ® 1-2 sachet per hari.
Seminar Kesehatan Infeksi Saluran Pernafasan
Seminar Kesehatan Infeksi Saluran Pernafasan
Jum'at, 29 April 2016 10:55 WIB
Infeksi saluran pernapasan akut atau sering disebut sebagai ISPA adalah terjadinya infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru. Infeksi yang terjadi lebih sering disebabkan oleh virus meski bakteri juga bisa menyebabkan kondisi ini.
Gangguan Persendian
Gangguan Persendian
Selasa, 22 Maret 2016 15:49 WIB
Saat Anda bertambah tua, tulang rawan menjadi lebih keras, lebih rapuh, dan lebih mudah rusak
Diabetes Bukan Faktor Keturunan!
Diabetes Bukan Faktor Keturunan!
Minggu, 20 Maret 2016 10:24 WIB
Diabetes bisa menyerang siapa saja, baik yang memiliki riwayat keturunan diabetes maupun tidak.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Evi Rikha Istihana Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? atau andamembutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya melalui Handphone 081584235550 atau di WhatsApp 081584235550 :

Kirim Pesan  Chat WhatsApp